Jumat, 27 Januari 2012

Strategi Pembelajaran Memang Harus Beda (Kisah Antara Ngajar Anak Difabel, SMA, dan SD)




Selagi muda, kita emang harus mencoba segala sesuatu yang positif. Nah, bagi kita yang lulusan sarjana pendidikan, banyak-banyak deh cari pengalaman mengajar (apapun jurusannya). Selain membuat diri kita menjadi lebih kreatif, juga akan mengembangkan diri dan membuat kita tidak konservatif.
Walau lulus belum ada satu tahun, saya pernah mencicipi ketiga hal tersebut-mulai dari anak difabel, siswa SMA, dan anak SD. Beda bangetlah cara ngajarnya. Kita pun harus pinter-pinter ngrebut hati mereka, supaya kita jangan sampai makan ati (cz kalo udah makan ati, rasanya sakiiiiiit banget. Percaya deh!)
Dimulai dari siswa difabel. Yah, ini pengalaman saya mengajar untuk pertama kali di kelas. Secara emang waktu itu saya dapet kesempatan KKN di Yayasan Anak-Anak Tuna (YAAT) Klaten. Di sana sebagian besar tunanetra (masalah di penglihatannya), tapi ada juga yang tunadaksa dan hidrocepalus. Satu yang bikin aku harus puter otak banget kalo ngajar anak difabel: MEREKA NGGAK BISA NGELIHAT! Pernah aku ngajar biologi anak kelas 7. Gimana coba cara ngejelasin apa itu sel, sedangkan mereka lihat sel aja belum pernah? Terus istilah-istilah abstrak yang kadang nggak kejangkau sama nalar kalo harus dikongkritkan? Apa iya mereka tahu pelangi itu yang kaya gimana, terus konsep warna, bintang, bulan.... nah, makanya guru pun harus kreatif. Yang penting jangan underestimet dulu deh, toh dari beberapa anak di YAAT ada yang pernah dapet rekor MURI. Keren nggak tuh!!

Nah, beda lagi nih kalo ngajar siswa SMA. Secara saya masih muda, kayaknya emang keakraban bisa muncul dengan sendirinya. Jarak umur pun tak terlalu jauh, jadi ya...gitchu deh. Bahasa untuk komunikasi di cyber pun bahasa-bahasa alay. Kalo strategi untuk ngajar, yang pertama kita emang harus paham betul materinya. Jangan sampai kita ngajar tapi malah lebih pinter muridnya. Dong dong banget nggak sih! Apalagi kan putih abu-abuers itu kritis banget. Yang kedua, tentang bagaimana membawa suasana belajar menjadi lebih menarik. Jangan sampai kita udah cuap-cuap ngoceh di depan, eh....siswanya malah bobok manis. Sungguh terlalu..hiks..hiks...
Kalo ngajar anak SD...krik....krik...(speacless aku). Tampaknya membawa suasana menjadi lebih menarik mendapat porsi yang lebih tinggi daripada materi (ini khusus anak-anak kelas bawah, kelas 1 dan 2). Pernah nih, saya marmosi gara-gara anaknya rame....dolanan bekel pas pelajaran, nggambar-gambar gak jelas, atau kejadian pekan lalu:pas lagi ngejelasin di depan kelas, tiba-tiba ada yang jorog-jorogan, trus malah nangis-nangisan....ya Allah....berilah hamba kesabaran... Perasaan saya dulu pas SD nggak se-ekstrem itu deh...

Beda anaknya, beda cara ngajarnya. Itu udah pasti. Tapi dari ketiga pengalaman itu, ada satu persamaan. Saya selalu menganggap mereka itu saudara! Bahkan sampai sekarang pun saya masih berkomunikasi dengan banyak siswa, walaupun kini saya nggak ngajar mereka lagi. bagi saya, mereka adalah calon-calon pemimpin masa depan. Saya pun pengen suatu hari nanti ada yang menyapa saya di jalan, terus mereka bilang, “Pak Sobat, masih inget saya nggak? Saya murid bapak dulu....” Wiiiii merinding disko. Biar kita disapa suatu hari nanti, makanya jangan jadi guru galak, judes, killer, menyebalkan, berdarah dingin, jarang senyum, sok otoriter, beri PR kebanyakan....weleh...weleh....
Yup, saya suka mengajar karena emang hobi saya...hehey....ceritanya lanjut besok yah....

school mapping hazard mutlak disosialisasikan kepada penyandang disabilitas di daerah rawan bencana

Satu dari lima prioritas pelaksanaan kegiatan dalam Kerangka Kerja Hyogo (HFA) pada tahun 2005-2015 adalah membangun bangsa dan masyarakat...