Sabtu, 14 Agustus 2021

INTEGRASI NILAI KARAKTER DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR (DWITYA SOBAT ADY DHARMA, GALIH ISTININGSIH))

 

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengintegrasikan keteladanan karakter Pangeran Diponegoro ke dalam kurikulum di Sekolah Dasar? Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai karakter Pangeran Diponegoro dan langkah-langkah mengintegrasikan nilai karakter tersebut pada pembelajaran di sekolah dasar. Hal ini sebagai salah satu inovasi kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berbasis kearifan lokal sebagai perwujudan revolusi karakter bangsa. Penguatan pendidikan karakter dilakukan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila dan sebagai upaya membentuk watak positif peserta didik. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library reseach). Sumber primer untuk menggali nilai karakter Diponegoro ialah Babad Dipanegara (Diponegoro) yang diterjemahkan oleh Gunawan (et al), sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku Peter Carey, buku sejarah, dan paper bertema Diponegoro. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter Pangeran Diponegoro relevan dengan profil pelajar Pancasila, yaitu kebinekaan global, bergotong royong, kreatif, bernalar kritis, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia. Sedangkan pengintegrasian nilai karakter Pangeran Diponegoro dalam kurikulum dapat dilakukan dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta implikasi pada sekolah, guru, orang tua, dan siswa.

 

 https://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/index.php/kebudayaan/article/view/447

 


 

Involvement of Children with Special Needs in Learning in Inclusive Schools (Dwitya Sobat Ady Dharma, Hermanto Hermanto)

 

Abstract


Children with Special Needs who process in Inclusive Education Organizing Schools (SPPI) often seem left out not to develop their best potential, are shackled with labels, and marginalized socially and academically. This negative impression can be minimized by increasing the involvement of children with special needs in learning. However, many schools still do not know the level of involvement of children with special needs in SPPI. This study aims to determine the level of involvement of children with special needs in learning by using an intrinsic case study approach to nine children with special needs with a variety of mental retardation, autistic, slow learner, disabled and low vision in semester 1 of 2018/2019 academic year at an SPPI. This article describes the level of student involvement in terms of cognitive, emotional, and behavioral aspects. The results showed that the level of involvement of children with special needs varied greatly depending on cognitive abilities and the environment's role in creating creative learning.

 

 http://journal2.um.ac.id/index.php/icsar/article/view/6655


school mapping hazard mutlak disosialisasikan kepada penyandang disabilitas di daerah rawan bencana

Satu dari lima prioritas pelaksanaan kegiatan dalam Kerangka Kerja Hyogo (HFA) pada tahun 2005-2015 adalah membangun bangsa dan masyarakat...