4. Tunadaksa/Kelainan Anggota Tubuh/Gerakkan
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. Polio
jari-jari
tangan kaku dan tidak dapat menggenggam
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Terdapat
bagian anggota gerak yang tidak lengkap/tidak sempurna/lebih kecil dari
biasanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Terdapat
cacat pada alat gerak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Kesulitan dalam melakukan gerakan (tidak sempurna, tidak lentur
dan tidak terkendali)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Anggota gerak kaku, lemah, lumpuh dan layu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
2. Cerebral Palcy (CP)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Selain faktor yang ditunjukkan pada Polio juga disertai dalam
gangguan otak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||
Gerak yang ditampilkan kekakuan atau tremor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sabtu, 28 Maret 2020
Identifikasi ATD
Alat identifikasi ATG
Gejala
Yang Diamati
|
NAMA
SISWA YANG DIAMATI (BERDASARKAN NOMOR URUT)
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
dst
|
||
3. Tunagrahita
|
||||||||||||||||||
a
|
1. Kecerdasan
a. Ringan :
Memiliki
IQ 50-70 (dari WISC)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b
|
Dua
kali berturut-turut tidak naik kelas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c
|
Masih
mampu membaca,menulis dan berhitung sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d
|
Tidak
dapat berberfikir secara abstrak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perilaku adaptif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
Kurang
perhatian terhadap lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b
|
Sulit
menyesuaikan diri dengan situasi
(interaksi sosial)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Sedang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
Memiliki
IQ 25-50 (dari WISC)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b
|
Tidak
dapat berfikir secara abstrak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c
|
Hanya
mampu membaca kalimat tunggal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d
|
Mengalami
kesulitan dalam berhitung sekalipun sederhana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perilaku adaptif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
Perkembangan
interaksi dan kumunikasinya
terlambat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b
|
Mengalami
kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang baru (penyesuaian diri)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c
|
Kurang
mampu untuk mengurus diri sendiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C Berat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
Memiliki
IQ 25- ke bawah (dari WISC)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b
|
Hanya
mampu membaca satu kata
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
|
Sama
sekali tidak dapat berfikir secara abstrak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Perilaku adaptif
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a
|
Tidak
dapat melakukan kontak sosial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b
|
Tidak
mampu mengurus diri sendiri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c
|
Akan
banyak bergantung pada bantuan orang lain
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Langganan:
Postingan (Atom)
school mapping hazard mutlak disosialisasikan kepada penyandang disabilitas di daerah rawan bencana
Satu dari lima prioritas pelaksanaan kegiatan dalam Kerangka Kerja Hyogo (HFA) pada tahun 2005-2015 adalah membangun bangsa dan masyarakat...
-
Pendahuluan Tunanetra merupakan salah satu jenis kelainan pada indra (sensory), yaitu kelainan pada indra penglihatan (mata),. Secara umun...
-
FILM EAGLE DOC SERIES: berteman dengan perbedaan merupakan film dokumenter pembelajaran di sekolah inklusi. Basic story dari film pendek...