Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Kawruh Ki Ageng Suryomentaram dapat diintegrasikan dalam Penguatan Projek Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian pustaka (library reseach). Metode penggalian data menggunakan metode dokumentasi tematis (mengumpulkan tulisan dengan tema Ki Ageng Suryomentaram dan Profil Pelajar Pancasila). Analisis data menggunakan analisis isi (content analysis) dengan tahapan deskripsi, reduksi, dan seleksi. Hasil penelitian adalah konsep kawruh pamomong berupa aspek sumerep, raos sih, dan keindahan. Karakter yang perlu dimiliki oleh pendidik ialah mulur mungkret yang dapat diimplementasikan dengan rumus nemsa (enam sa), yaitu sabutuhe, sacukupe, saperlune, sabenere, samestine, dan sapenake. Integrasi Kawruh Pamomong ini dilakukan dengan alur menentukan tema pilihan, pemberian opsi tema, penentuan topik, dan pelaksanaan. Selain itu, integrasi dilaksanakan dengan menentukan dimensi Profil Pelajar Pancasila, elemen, sub-elemen, dan target pencapaian.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
school mapping hazard mutlak disosialisasikan kepada penyandang disabilitas di daerah rawan bencana
Satu dari lima prioritas pelaksanaan kegiatan dalam Kerangka Kerja Hyogo (HFA) pada tahun 2005-2015 adalah membangun bangsa dan masyarakat...
-
Pendahuluan Tunanetra merupakan salah satu jenis kelainan pada indra (sensory), yaitu kelainan pada indra penglihatan (mata),. Secara umun...
-
FILM EAGLE DOC SERIES: berteman dengan perbedaan merupakan film dokumenter pembelajaran di sekolah inklusi. Basic story dari film pendek...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar